Mencermati Perilaku Radikal dalam Film The Joker

Dua jam dua menit menyaksikan akting Joaquin Phoenix sedikit banyak membuka cakrawala berfikir psikologis, menghadirkan pemahaman lain tentang masyarakat awam yang hanya bisa menertawakan kepahitan hidup akibat rumitnya tekanan ekonomi. Di tengah sistem kemasyarakatan yang semrawut, tidak selamanya kebaikan bisa mengalahkan kejahatan. Karena dibalik sosok – sosok yang dermawan, terdapat sifat munafik yang mengantarkannya pada kesombongan dan kehancuran.

Settingan The Joker
Settingan Kangamay

Kontroversi karakter Arthur Fleck membawa pesan lain tentang bertumbuhnya gerakan radikal, yang bisa muncul begitu rupa seiring apatisme vs kritisisme publik terhadap ketidakadilan dan kesewenang-wenangan, entah politik, entah ekonomi, maupun persekongkolan para koruptor dengan aparat penegak hukum. Hingga pada proses pembentukan perilaku selanjutnya, keradikalan itu menular ke masyarakat luas yang punya nasib serupa, yang lemah dan tersakiti kemudian menjadi psikopat yang menggalang anarki.

Menonton film ini hendaknya memiliki pemikiran yang bijak dalam semua aspek kehidupan. Plot cerita yang dibangun untuk menggambarkan kejahatan yang lahir dari orang depresi, suatu kondisi delusi, atau membedakan apakah fikiran kita sedang berada dalam ilusi atau realita – cukup menarik untuk kita pelajari. Bagaimana mindset positif ternyata juga bisa terjebak dalam manipulasi alam bawah sadar. Mencermati perilaku Arthur yang larut dalam obsesi, meneliti alur perkembangan kepribadian Arthur yang terseret warisan halusinasi ibu angkatnya, lumayan merangsang fikiran untuk melakukan refleksi.

Saya kira, nuansa thriller bukanlah hal yang ditonjolkan dalam film ini, melainkan lebih pada nuansa balada. Namun saya cukup khawatir terhadap keunggulan akting Phoenix membawakan karakter Arthur sang komedian gila – jangan sampai menginspirasi perilaku anarki yang sepertinya berpotensi menjadi wabah penyakit di negeri ini.

#The Joker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *